Jumat, 04 Oktober 2019

Lokakarya Perencanaan Kampung Rambai Berbasis asset bersama Yayasan Anak Dusun Papua (YADUPA)



Tim Yadupa bersama Peserta Lokakarya

Yapen : Dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK), Yayasan Anak Dusun Papua  sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Adat Papua. menyelenggarakan Lokakarya Perencanaan Kampung Berbasis Aseet di Kampung Rambai Distrik Yawakukat kabupaten Kepulauan Yapen. Lokakarya yang berlangsung selama tiga hari ( 28-30 Juni 2019) merupakan perencanaan yang dibuat murni oleh masyarakat (bersifat buttom up). Perencanaan ini dibuat berdasarkan partisipasi masyarakat kampung Rambai seperti Aparatur kampung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh adat, dan tokoh agama.
Tujuan memfasilitasi masyarakat dalam perencanaan kampung berbasis aset, agar masyarakat menyadari akan kekayaan  alam dan sumber daya manusia  yang adalah modal dalam pembangunan saat ini di kampung. Untuk menyadarkan dan mendorong masyarakat menghargai  aset (kekayaan) yang dimilikinya, maka Yadupa hadir dengan sebuah pendekatan baru yang disebut pendekatan Apresiatif Inquiry (AI) dan Kekayaan/Aset Dasar Masyarakat atau Asset Base Commnity Development (ABCD).
Selama proses lokakarya hingga selasainya kegiatan tersebut masyarakat dan aparat pemerintah kampung berhasil menyusun rencana mereka berdasarkan dengan potensi sumber daya ada di kampung sesuai dengan rencana pendanaan kampung rambai. Akhir dari pelaksanaan lokakarya tersebut peserta juga menyampaikan penilaian mereka seperti yang disampaikan oleh Bapak Yakob Numberi (Anggota BMK Kampung Rambai), “kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi bersama kami Masyarakat Kampung Rambai dalam Program Membangun Kampung kita kedepan”.Tuturnya.


Penulis : Max Wayeni

2 komentar:

Pengembangan dan Pemanfaatan Manggrove di Kampung Sopen

Foto Bersama Tim Yadupa dan Masyarakat Dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan manggrove di kampung Sopen Distrik Biak Barat Kabup...