Kamis, 25 April 2019

Hut YADUPA sebagai bentuk refleksi terhadap pelayanan






Jayapura, Yadupa - Perayaan hari ulang tahun Yayasan  Anak Dusun Papua di Ruang pertemuan Yadupa Pusat di Jayapura, Selasa (23/4/2019) perayaan ini ditandai dengan pemasangan lilin dan pemotongan kue serta Doa  sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas penyertaanNya.
Mr Leonard Imbiri selaku Direktur Yayasan Anak Dusun Papua (YADUPA), mengajak seluruh staf untuk merefleksikan kembali pelayanan yadupa dan apa saja yang sudah dilakukan untuk Masyarakata Adat Papua (MAP).
            “Yadupa harus merefleksikan diri terhadap pelayanan dan apa saja yang sudah dikerjakan dengan masyarakat, kita harus menunjukan bahwa kita adalah anak-anak adat dan karena itu kita harus memberikan kontribusi sebagai komitmen kita kepada masyarakat adat,” ujarnya.
 Leo juga menambahkan komitmen harus dilandasi dengan kesediaan diri dan menata diri bagi pelayanan.
 “ Komitmen harus dilandasi dengan kesediaan untuk menata diri bagi pelayanan,” menurut pengamatan Direktur Yadupa yang juga selaku sekretaris Dewan Adat Papua (DAP) bahwa apa yang di terjadi di Dewan adat Papua, YADUPA dan Institusi – institusi yang menamakan diri sebagai institusi adat mempunyai tantangan sebagai anak  adat yang memiliki budaya. “ komitmen adat yaitu kerinduan untuk memahami adat kita untuk bertumbuh didalam adat kita dan memperkuat seluruh system adat dan menjadikan Masyarakat Adat Tuan di negeri sendiri (Papua), tetapi untuk menjadi Tuan di negeri sendiri kita dihadapi oleh sistym atau tantangan dari luar yang memacu kita untuk menyesuaikan irama kerja, kapasitas kerja dengan kondisi ekternal yang telah mengancam kita,” Ujarnya.

Penulis : Markus Wayeni



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengembangan dan Pemanfaatan Manggrove di Kampung Sopen

Foto Bersama Tim Yadupa dan Masyarakat Dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan manggrove di kampung Sopen Distrik Biak Barat Kabup...