Kamis, 11 April 2019

Air Sumber Kehidupan



Air merupakan kebutuhan utama manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – sehari, tanpa ketersediaan air maka semuanya akan terasa sulit.
Perbaiakan sarana air bersih
di Kampung Yapan
Ada banyak persoalan yang di timbulkan oleh ulah manusia sendiri menyebabkan debet air berkurang seperti penebangan liar, pembersihan lahan kebun di pinggiran air, penggalian material, dll.  Hal serupa dengan apa yang disampaikan WWF bahwa Jumlah air yang terbatas dan semakin banyaknya manusia menyebabkan terjadinya krisis air bersih. Selain jumlahnya, kualitas air tawar yang ada pun semakin rusak. Perebutan penggunaan air bersih untuk berbagai penggunaan menyebabkan hilangnya akses yang layak terhadap air bersih bagi sebagian orang. Perilaku boros air bersih menyebabkan semakin banyak lagi orang yang kehilangan akses terhadap air bersih.
Menurut PBB, lebih dari satu miliar orang tidak memiliki akses terhadap air bersih, tiga miliar orang tidak memiliki layanan sanitasi yang memadai, dan angka kematian akibat penyakit menular melalui air yang kurang bersih mencapai tiga juta kematian per tahun.
Kampung Yapan dan Mantembu Distrik Anotaurei Kabupaten Kepulauan Yapen Propinsi PAPUA, merupakan kampung yang memiliki akses sumber air bersih untuk kebutuhan masyarakat diwilayah kota dan sekitarnya. Namun sayangnya aktifitas penebangan yang dilakukan oleh penebang lokal masih terjadi, pembukaan lahan kebun di pinggiran sumber/mata air masih terus dilakukan, penggalian material tipe C yang dilakukan oleh perusahaan milik salah satu pejabat Pemerintah masih terus beroperasi sehingga berbagai macam persoalan terjadi disana, mulai dari jumah debit air berkurang, banjir bandang, putusnya akses penghubung seperti jembatan, kehilangan lahan untuk perumahan dan masih banyak lagi persoalan lainya disana.
Air adalah hal yang paling penting untuk kesejahteraan kita. Seperti darah di tubuh kita, air bekerja siang dan malam. Tanpa air aktifitas manusia akan berhenti, tanpa air kehidupan akan berakhir pula di planet bumi.

Penulis : Markus Wayeni
Komunitas GATtAA







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengembangan dan Pemanfaatan Manggrove di Kampung Sopen

Foto Bersama Tim Yadupa dan Masyarakat Dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan manggrove di kampung Sopen Distrik Biak Barat Kabup...